MELINDUNGI     LAUT INDONESIA Indonesia merupakan negara kepulauan, terdiri dari pulau-pulau dengan dikelilingi oleh lautan yang luas. Laut Indonesia memiliki habitat terumbu karang dengan tingkat keanekaragaman hayati tertinggi di dunia.
MELINDUNGI
LAUT INDONESIA
JAGA KEKAYAAN     LAUT KITA Laut Indonesia memiliki 6 dari 7 jenis penyu di lautan dunia, termasuk diantaranya Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea) yang dikenal sebagai jenis reptilia laut penjelajah samudera. Kekayaan ini akan hilang jika kita tidak menjaganya.
JAGA KEKAYAAN
LAUT KITA
SATWA LAUT     TERANCAM Laut Indonesia menjadi pusat penting keanekaragaman ikan hiu dan pari dunia. Dari 596 jenis hiu dan pari dunia, 157 jenis diantaranya dapat dijumpai di Indonesia. Namun saat ini keberadaan mereka terancam.
SATWA LAUT
TERANCAM
PRAKTIK     PENCEMARAN LAUT Salah satu ancaman pencemaran laut sepanjang tahun disebabkan tumpahan dan buangan minyak di sepanjang Selat Malaka yang dikenal sebagai salah satu jalur pelayaran laut tersibuk didunia.
PRAKTIK
PENCEMARAN
PERIKANAN     BERKELANJUTAN
Laut yang sehat dan terlindungi adalah kondisi lingkungan laut yang memungkinkan ikan dapat berkembang biak secara berkelanjutan. Laut yang menyediakan stok ikan berlimpah dan dikelola secara bertanggungjawab. Laut yang masih dapat dinikmati oleh generasi mendatang.
PERIKANAN
BERKELANJUTAN
Kamu berperan     MELINDUNGI LAUT KITA Ayo terus menjaga dan membela kekayaan hayati laut Indonesia. Kamu juga bisa terus bersuara dan mengambil tindakan untuk mendesak Presiden Indonesia periode 2014-2019 mendatang bersungguh-sungguh melindungi laut kita.
SUARAMU
MELINDUNGI

Kamu berperan menentukan masa depan Indonesia

Pastikan calon pemimimpin berkomitmen pada 100% laut sehat dan mendukung suaka laut global.


Suara saya 100 Persen Untuk Laut Sehat Terlindungi

Mendaftar ke email.

Pencemaran Minyak Kotor Mengancam Laut Kita

Ancaman pencemaran laut sepanjang tahun disebabkan tumpahan dan buangan minyak hampir lumrah dialami oleh kawasan pesisir dan laut di sepanjang Selat Malaka yang dikenal sebagai salah satu jalur pelayaran laut tersibuk didunia. Seperti yang sudah lazim terjadi di kawasan pesisir Bintan, Batam dan Karimun Provinsi Kepulauan Riau.

5 Fakta Penting dan Luar Biasa yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Laut Indonesia

Hai Pembela Lautan! Apa sih yang unik dan spesial dari Laut Indonesia?
Berikut 5 fakta penting yang perlu kamu ketahui tentang laut kita:

  • Laut Indonesia merupakan jalur raya dan habitat penting bagi mamalia laut dunia. Dari sekitar 87 jenis mamalia laut di dunia, sebanyak 32 jenis mamalia laut dari kelompok paus, lumba-lumba dan dugong dapat dijumpai di Indonesia, termasuk Paus Biru (Balaenoptera musculus) yang saat ini berstatus terancam punah menurut kategori IUCN Redlist.

Laut Sehat, Nelayan Sejahtera: Panggilan bagi Pembela Lautan

Kesejahteraan nelayan prinsipnya didukung dan ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari pentingnya keberpihakan negara untuk mengakui dan mengembangkan perikanan skala kecil sebagai tulang punggung dan andalan kegiatan perikanan nasional, hingga salah satu yang terpenting adalah laut yang (kembali) sehat dan terlindungi, agar nelayan dapat sejahtera secara mandiri dan berdaulat.

Hentikan Penangkapan Ikan Berlebih!

Sebagian besar negara-negara WCPFC, jelas masih enggan menjalankan sistem perikanan yang bertanggungjawab dan berkelanjutan. Sejumlah pemangku kepentingan, seperti Amerika Serikat, Uni Eropa dan Cina, bahkan ragu menurunkan kapasitas tangkap dan cenderung memilih agar mendiskusikan kembali sejumlah proposal pengaturan sampai dengan pertemuan puncak tahun depan (WCPC11) di Samoa.

Kenapa 100% Untuk Lingkungan Indonesia?

Pada saat Pipres (Pemilihan Presiden) yang akan datang, kamu, sebagai warga negara Indonesia, mempunyai kesempatan untuk ikut menentukan kemana arah perjalanan negara ini. Kandidat-kandidat presiden akan mendengarkan permintaan dan suara kamu sebagai upaya mereka untuk menggalang dukungan.

Ini adalah waktu yang tepat untuk memastikan suara kamu didengar. Bersuaralah dan tantang mereka untuk melindungi lingkungan hidup Indonesia yang indah ini dan desak mereka untuk bertindak untuk mengakhiri perusakan lingkungan. Kamu, mempunyai kesempatan untuk menjadi bagian dari gerakan penyelamatan lingkungan kita untuk generasi yang akan datang.

Katakan bahwa kamu 100% untuk lingkungan Indonesia!


Apa itu 100% Indonesia?

Kampanye 100% Indonesia adalah seruan kepada para calon presiden dan Presiden terpilih nanti untuk melakukan langkah-langkah nyata untuk membalik krisis lingkungan serta memulihkan sumber daya alam dan lingkungan hidup di Indonesia dari eksploitasi yang merusak dan tidak bertanggungjawab.
Indonesia membutuhkan langkah-langkah nyata untuk menghentikan kerusakan lingkungan hidup. Pembangunan dapat dilakukan tanpa harus merusak lingkungan. Oleh karena itu kita membutuhkan Pemimpin yang 100% berkomitmen untuk menjaga hutan dan laut lestari, 100% pro energi bersih dan terbarukan, dan 100% menginginkan air terbebas dari bahan kimia berbahaya. Artinya kita membutuhkan pemimpin yang 100% untuk lingkungan Indonesia.
Greenpeace mengajak publik untuk mendesak para kandidat presiden itu untuk 100% berkomitmen terhadap lingkungan Indonesia, dan untuk menjalankan komitmennya bila terpilih kelak. Greenpeace mengajak semua kita, sebagai individu-individu, rakyat Indonesia, untuk menyuarakan dan kelak menagih komitmen tersebut untuk mewujudkan 100% lingkungan Indonesia yang lebih hijau dan damai.
Petisi ini akan menjadi cara yang lebih tepat dan lantang untuk sampai ke telinga para Capres dan Cawapres. Melalui platform 100% Indonesia ini kita akan menawarkan tantangan, perspektif, strategi, dan solusi bagi calon pemimpin mengenai kualitas hidup yang lebih baik bagi semua warga Indonesia.
Greenpeace tidak berpihak kepada satu pun kandidat Calon Presiden. Greenpeace adalah organisasi yang independen dan netral. Greenpeace menyediakan platfom ini agar publik dapat membangun kekuatan suara mereka untuk menantang komitmen para calon presiden untuk lingkungan. Greenpeace menyerukan dan mengomunikasikan kepada seluruh kandidat presiden untuk berkomitmen 100% pada pemulihan dan perlindungan lingkungan hidup di Indonesia.